Sabtu, 06 Juni 2015

Makanan yang Sering Muncul Saat Hajatan

Hari ini postingannya berhubungan dengan pesta perkawinan. Maklum, saya baru saja dari sana
Kalau saya menyebutnya kondangan, ada yang bilang asal kata kondangan dari "ke ondangan/undangan). Ya semacam itulah.
Dalam acara kondangan pasti banyak makanan yang tersedia. Nih saya list ya makanannya ada apa aja..

Main Course:

-Nasi
Ini pasti ya tersedia di setiap prasmanan acara kondangan, karena merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Ada berbagai macam nasi yang disediakan, nasi putih, nasi goreng, atau nasi kuning. Tapi nasi putih aja sudah cukup.

-Sayur Sop
Biasanya jika kita bergeser dari tempat nasi, maka kita akan menemukan wadah sayur sop, yang isinya wortel, kentang, daging, soun, dll.

-Daging Sapi
Olahan daging sapi di acara kondangan bisa dalam bentuk black pepper beef dengan dagingnya yang diiris tipis tipis, atau rendang yang potongan dagingnya tebal dan bumbunya kaya rasa rempah rempah khas Indonesia. Kalau lagi lapar, saya prefer rendang tapi untuk acara kondangan lebih baik black pepper beef karena dagingnya yang tipis jadi bisa dimakan sekali suap, gak perlu dipotong, dan gak nyelip di gigi ^^

-Daging Ayam
Ada beberapa pilihan hidangan ayam, yaitu ayam kecap, tumis ayam dengan dagingnya yang disuwir suwir, ayam goreng/bakar, dll. Tumis ayam suwir banyak disajikan di acara kondangan karena tentu budgetnya bisa lebih ekonomis hehe

-Daging Ikan
Ini optional sih. Ada yang menyajikannya, ada juga yang tidak. Gak wajib untuk ada di rentetan menu utama. Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan kakap, diambil dagingnya saja (di fillet), di beri tepung, lalu diolah jadi hidangan ikan kakap asam manis. Hmm... rasanya maknyusss!! Saya suka sekali kalau ada hidangan ini di kondangan.

-Asinan
Ini juga optional. Karena gak semua tamu suka asinan, jadi daripada mubazir ya tidak wajib dihidangkan..

-Kerupuk
Orang Indonesia punya kebiasaan makan kerupuk sebagai pendamping hidangan nasi. Naah di kondangan, kerupuk yang disajikan adalah jenis kerupuk udang, atau emping. Tapi emping jarang sekali dipakai, mungkin karena jika kebanyakan makan emping bisa menyebabkan asam urat.

Gubug-gubugan:
Selain prasmanan menu utama, ada juga gubug gubugan yang isinya makanan yang tidak begitu mengenyangkan. Mungkin ada para tamu yang tidak ingin makan berat di undangan jadi lebih memilih makan makanan gubug-gubugan. Banyaknya gubug-gubugan tergantung budget sang empunya acara, semakin banyak dan beragam menu gubug-gubugan tentu budgetnya semakin besar. Ini dia list makanan standar gubug-gubugan..

-Bakso
Of course! Bakso is a must! Seporsi kecil berisi 3-4 butir bakso dengan kuah yang menyegarkan selalu berhasil menjadi prinadona gubug-gubugan acara kondangan.

-Siomay
Yap, makanan ini juga laris diserbu para tamu undangan. Biasanya satu porsi berisi siomay dan tahu dengan jumlah yang terbatas. Kentang, kol, dan pare tidak disajikan karena tidak semua tamu suka itu.

-Kue kecil
Nah umumnya yang disajikan adalah kue-kue pasar berukuran 3x3 cm (ngasal) yang banyak macamnya. Untuk kasta yang lebih tinggi, ada kue sus, kue pie, atau muffin mini. Dalam satu gubug-gubugan ini, selain kue ada juga buah yaitu melon, semangka, pisang, jeruk. Ada juga puding dengan vla nya, tapi ini optional.

-Es Krim
Kalau ini gubug-gubugan favorit saya haha. Setelah makan makanan utama yang serba asin, enaknya mencicipi es krim yang manis dan menyegarkan.

Itu dia list makanan yang ada di acara pesta pernikahan atau sunatan. Lapar? Sana kondangan!

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template