Jumat, 22 April 2016

Nama Kita Bikin Sakit?

Assalamu'alaikum.

Saat ini saya lagi sakit (tapi tetep posting). Entah udah keberapa kalinya sejak awal tahun 2016. Saya keinget dulu pas masih kecil sering bolak balik puskesmas. Bisa sebulan dua kali. Sakitnya ya gitu gitu aja. Sampai saya hafal nama, bentuk, warna obat yang dikasih. Amoxicillin, paracetamol, antasida warna ijo ala ala promag, obat tidur kecil warna kuning, obat kecil juga warna putih entah fungsinya buat apa.

Saudara saya bilang mungkin itu pengaruh nama saya. Syifa dalam bahasa Arab artinya obat. Kalau ke toko herbal pasti sering liat tulisan syifa'. Di dalam doa untuk kesembuhan juga ada kata syifa'. Saudara saya bilang mungkin kesehatan saya bakal membaik kalau saya ganti nama. Tapi saya dan orangtua gak bergeming dan tetap pakai nama itu.

Pas SMP SMA, kondisi fisik saya mulai lebih kuat. Dalam setahun saya jarang banget sakit. Sekalinya sakit, cacar. Tapi ya.. udah gitu aja. Saya juga mulai minum es dan makan snack dikit-dikit, yang dulu adalah pantangan terbesar saya. Gara-gara dulu gak pernah minum es, sampai sekarang saya gak bisa minum es loh. Minuman es yang saya pesan pasti gak pernah habis. Rasanya minumannya gak habis-habis padahal saya minum terus -__-

Eeh ternyata pas kuliah, keadaan saya balik kayak dulu. Lebih tepatnya setelah saya diet sih jadi sakit-sakitan gini. Di tahun 2014 saya pernah diet, tapi salah cara. Bukannya ngurangin porsi makan, malahan ngurangin jam makan. Ya, saya makan cuma sehari sekali. Saya mulai gak sadar kalau saya cuma makan sekali sehari karena kesibukan kuliah juga. Akhirnya saya drop setelah berat badan saya mencapai 45 kg dari 52 kg! Tulang selangka, tulang rusuk, dan tulang pinggul saya tercetak jelas ke permukaan. Saya sakit.. tipus.

Semenjak itu, fisik saya melemah. Yang dulunya saya masih bisa donor darah, sekarang udah gak bisa karena tensi saya yang rendah. Tiap saya ke dokter untuk tensi pasti selalu dibilang rendah dan dikasih resep obat untuk anemia. Dan di tahun ini udah berapa kali saya kena gejala tipus, yang harus bedrest total selama satu minggu. Sedih gak?

Sekarang saat saya sakit-sakitan gini, apa bener itu karena nama saya? Karena nama Syifa yang melekat di diri saya? Menurut saya sih nggak. Gak ada penjelasan ilmiahnya juga kan. Atau jangan-jangan ada? Who knows? Tell ur opinion here!

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template