Selasa, 05 April 2016

Hunting Buku Edisi Pekerjaan

Assalamu'alaikum..

Kemarin saya abis ke toko buku liat-liat rak pengembangan diri, as always saya selalu suka buku di bagian itu. Bikin hidup jadi tambah semangat bagai terkena sinar mentari di pagi hari......

Saya perhatiin tiap buku yang ada disana sampai nemu buku yang saya emang lagi aware dengan topik ini, yaitu pekerjaan! Emang sih dengan jurusan kuliah saya sekarang, harusnya prospek pekerjaan yang lebih tepat adalah jadi guru. Tapi who knows? Masa depan gak ada yang tau. Siapa tau nanti saya terjun ke dunia pekerjaan yang lingkungan sosialnya sebaya dengan saya, bukannya sama dedek-dedek SMA gemesshh. Dan jujur saya sendiri memang lebih prefer pekerjaan yang mayoritas interaksinya sama komputer, bukan sama manusia.

Ok, back to the topic! Jadi ada dua buku yang menarik hati saya sampai akhirnya dibawa ke kasir. Mereka adalah buku 99 Tips Jitu Jadi Freelancer Sukses Untuk Mahasiswa karya Ery Yuni Wijianti & Dewi Anggiani penerbit Grasindo, dan buku Skill With People karya Les Giblin penerbit Gramedia. Kita bahas satu satu ya.

Yang pertama, buku tips jitu freelancer terbitan grasindo. Grasindo ini kayaknya seneng ngeluarin buku berseri deh. Contohnya buku karya Tim Wesfix dengan berbagai serinya mulai dari Kreatif itu Dipraktekin, Menulis itu Dipraktekin, Investasi itu Dipraktekin, dan masih banyak lagi. Sekarang penerbit ini lagi ngeluarin seri nya yang "99". Kenapa saya bilang 99? Karena tema bukunya yang 99 tips jitu untuk freelancer, 99 tips untuk interview kerja, dan 99 tips lainnya. Penulis bukunya pun sama yaitu Dewi Anggiani.
Isi bukunya lengkap, dari apa itu freelancer, kelebihan kekurangannya, portofolio menarik itu seperti apa, pekerjaan pilihan freelancer itu ada apa aja, sampai link buat cari freelance job sesuai bidang 🙌

Sekarang buku yang kedua, Skill With People. Sebenernya ada satu buku lagi karya Les Giblin yang berhubungan sama buku ini juga. Judulnya The Art With People. Sampulnya warna kuning. Tapi kalau yang art with people itu lebih banyak teorinya kali ya, beda sama skill with people yang fokusnya langsung ke tahapan-tahapan buat menghadapi orang lain. Nama subbab nya aja Cara Menghadapi Bla bla bla, langsung ke caranya.
Menghadapi orang lain kayak gimana maksudnya? Buku ini ngebahas tentang cara meyakinkan orang, mendengarkan orang, membuat orang merasa penting, berbicara efektif dengan orang, dan lain-lain, yang Insya Allah berguna buat kehidupan bermasyarakat, di lingkungan pekerjaan atau lingkungan sosial lainnya, supaya nanti gak dibilang "gak peka" lagi hmm...

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template