Jumat, 16 Desember 2016

Jadi Turis di Semarang

Haluuu....

Kali ini saya mau share pengalaman jalan-jalan ke Semarang dari tanggal 19 sampai 23 November kemarin. Telat banget emang baru nge-blog sekarang (malah bikin videonya duluan hehe). Mulai dari sekarang aja yah!

Saya sama temen berangkat dari Stasiun Pasar Senen naik kereta Tawang Jaya jam 11 malam. Jugijagijugijagijug sampe Stasiun Semarang Poncol jam 6 pagi. Dari sana kita pesen taksi online ke Tembalang daerah kost an kita tinggal. Iyaps, kita berdua punya temen SMA yang kuliah di undip dan ngekost di daerah Tembalang. Menempuh perjalanan sekitar 40 menit, akhirnya kita tiba di kostan dan istirahat. Sore nya baru deh saya dan temen-temen total berlima, jalan ke Semarang bawah buat cari makan sama nongki-nongki. Nama tempatnya de Café. Kalo penasaran lokasi tepatnya, search aja di google yah :)

De Café ini adalah kafe yang tempatnya menyatu sama hotel dan mall. Pemandangan depannya kolam renang dan shopping mall. Interior ruangannya romantis, unyu, cozy kayak gambar di bawah ini. Menunya bertema western yaitu pasta, french fries, calamari, lasagna, dll. Ya, hari pertama hedon dulu gapapa kali ya.

De Café's dish
Jam 7 malem kita lanjut lagi berangkat ke Pecinan. Oiya Pecinan cuma buka pas weekend malem aja, hari lain gak ada. Jadi pas banget kita sampe semarang hari sabtu hoho. Padahal kita baru banget kelar makan, tapi malah jalan ke Pecinan which is tempat stand-stand makan gitu. Saya sendiri seneng banget kalo dateng ke acara yang banyak stand makanannya kayak gini. Tapi waktu itu perut udah full banget jadi pas di Pecinan males buat jajan jajan akhirnya cuma beli es krim. Buat yang muslim, harus hati-hati beli makan disini karena gak semua makanannya halal. Temen saya bilang kalo ada menu nasi goreng jakarta artinya itu mengandung babi jadi jangan dimakan. Begitulah. Bakmi di sana juga, harus tanya-tanya dulu deh pokoknya.

Stand makanan di kiri kanan jalan.
Besoknya, sehabis makan siang kita pergi Candi Gedong Songo di daerah Bandungan. Mungkin disebut bandungan karena ya.. daerah itu kayak Bandung-nya Semarang. Daerah yang kesana harus nanjak dulu, lewat jalan berkelok-kelok, dan suhu ke atas makin dingin. Lupa berapa lama perjalanan, tapi karena kita bawa motor jadi gak kejebak macet. Oh iya di jalan kita sempet ngelewatin Pagoda Buddhagaya Watugong loh, karena letak pagoda di pinggir jalan jadi lumayan saya bisa ngeliat bangunan pagoda tanpa perlu mampir ke sana hehe. Jalan ke Bandungan emang jauh dan nanjak banget, jadi saya kasian sama yang boncengin saya. Hhhh... seandainya bisa gantian bawa motor.
Jalanan yang naik turun.
View selama perjalanan menuju Bandungan
Candi gedong songo ini adalah komplek candi yang totalnya ada sembilan, tapi konon katanya ada candi kesepuluh yang cuma orang "tertentu" aja yang bisa liat. Kalo udah berhubungan sama kebudayaan gini emang gak bisa lepas dari cerita mistis ya.

Sembilan candi ini letaknya terpisah, dan harus nanjak jalan kaki atau naik kuda buat jelajahin semua candinya. Temen-temen saya cuma sanggup sampe candi I. Akhirnya saya dan dua orang temen saya jalan kaki ke lokasi candi II dan III. Tapi jalanan yang ditempuh masih berbatu-batu dan bikin satu temen saya nyerah (padahal bentar lagi sampe candi dan jalanannya udah bagus). Terus selain candi, ada juga sumber air panas di sini, tapi jalan jauh lagi hahaha.
Candi Gedong II
Candi Gedong III
Puas foto-foto di area candi, kita semua ngelanjutin perjalanan ke Umbul Sidomukti. Jadi gini, saya kira candi gedong songo sama umbul sidomukti itu deketan. Ternyata nggak! Kita harus turun dulu dari lokasi candi terus nanjak lagi ke umbul sidomukti. Wah parah sih. Lelah banget. Sampe sana udah sore menjelang maghrib dan tempat foto yang bagusnya pastinya udah tutup. Jadi kita cuma makan di sana, tepatnya di Pondok Kopi. View nya kota Semarang diliat dari ketinggian.
Menunggu malam di Umbul Sidomukti.
Semakin malem disini semakin dingin. Karena lokasinya di kaki pegunungan (lupa gunung apa, search aja ya), daerah sini juga jadi tempat tracking pendaki gunung.
Pulang dari sana jam 7, naik motor, dingin, tanpa penerangan jalan selain lampu kendaraan. Disini ada kejadian yang menegangkan. Salah satu motor kita rem nya blong. Padahal sepanjang jalan kita harus turun lewatin tebing dan semak-semak gelap nan mencekam. Tapi temen saya yang pro bawa motor, entah gimana caranya bisa bawa motor itu sampe perumahan warga dengan selamat. Alhamdulillah juga nemu bengkel jadi motor bisa langsung dibenerin. Pulang dari sana udah kecapekan, badan pegel-pegel, dan pastinya cerita-cerita serem sepanjang jalan gelap tadi.

Besoknya kita putusin buat istirahat dulu gak kemana-mana. Baru malemnya kita keluar (anak malem) cari makan dan nongki-nongki (lagi). Abis makan malem nasi ayam mozzarella dengan harga murmer, kita lanjutin nongkrong ke Momow Kerang dan Lekker, satu lagi tempat nongkrong ala kantong mahasiswa yang menyajikan menu kerang dan kue lekker. Kalian tau lekker? Dessert semacam crepes, no, bukan semacam, tapi emang crepes. Harganya muraaahh bangeeett. Bervariasi berdasarkan toppingnya tapi murah banget. Paling mahal 12ribu rupiah kali. Ukurannya padahal gede lho.
Nasi ayam mozzarella yang murah dan yummy.
Hari selanjutnya kita jalan-jalan ke klenteng Sam Poo Kong sekitar jam 7 malam. Area klenteng dibagi jadi 3-4 bangunan. Yang bisa dimasukin umum cuma 1 bangunan, disana gak ada apa-apa. Beda dengan 3 bangunan lainnya yang terisi sama alat-alat ibadah agama mereka, yang boleh masuk ke bangunan itu juga cuma etnis tionghoa aja. Di sam poo kong juga ada patung tokoh besar.

Sebagian bangunan tidak untuk dimasuki umum.
Dari sana, kita kulineran dulu di pinggir jalan wilayah Simpang Lima dan makan Nasi Gandul. Nasi berkuah kaldu dengan lauk tinggal pilih dari mulai daging sapi, telur, perkedel, kikil, paru, dan jeroan lainnya.

Malam itu adalah malam terakhir saya di Semarang karena besok sore nya udah harus pergi lagi naik kereta ke....... Bandung!! Ya, the real Bandung, bukan bandungan tempat candi gedong songo ya hehe. Selengkapnya tentang jalan-jalan di Bandung akan ada di postingan lain.
Yasss, segitu cerita saya selama beberapa hari di Semarang. Kenapa saya gak ke Lawang Sewu yang jadi ikon kota Semarang itu? Well, saya bukan orang yang cukup berani untuk masuk ke dalam gedung. Cuma lewatin aja juga udah seneng hehe.
Nah, seperti yang udah saya bilang di awal, kalo saya udah lebih dulu bikin video jalan-jalan saya ke Semarang. Kalian bisa liat di link ini.