Jumat, 30 Desember 2016

Balada Belanja Online

Yeaayy tahun 2016 sebentar lagi berakhiiirr. Seperti biasa di penghujung tahun pasti banyak diskon menggiurkan dari berbagai toko, termasuk toko online yang semakin menjamur.

Apa sih keunggulan dari belanja online? Enaknya adalah kita gak perlu keliling-keliling toko/mall buat cari apa yang diinginkan, tinggal klik, transfer, lalu tunggu barangnya di kirim ke rumah. Nah kali ini saya mau membeberkan duka nya belanja online baik melalui website ataupun instagram.

1. Perbedaan barang di gambar dan aslinya

Ini sering banget terjadi pada pembelian lewat online shop (olshop). Seringkali barang aslinya gak sesuai sama apa yang diharapkan. Misal, jenis bahan produk. Di keterangan produk cuma tertera nama jenis bahan dan itu pun kita gak tau detailnya kayak gimana karena gak merasakan/menyentuh produknya secara langsung.


Kemudian ukuran. Ketika beli baju celana atau sepatu, jelas kita gak bisa coba barang di tempat, melainkan mencocokkan ukuran badan kita sama ukuran produk yang tersedia. Tapi itu juga gak persis sama. Dan kalau udah kejadian ukuran gak sesuai, sulit buat refund atau ganti ukuran. Akhirnya, tersimpan manis di lemari deh.

Warna barang juga seringkali menipu. Kualitas gambar yang ada di olshop pasti lebih terang daripada aslinya karena pencahayaan yang bagus.

2. Barang yang gak langsung ada di tangan

Setelah konfirmasi pembayaran, barang yang kita beli gak bisa langsung dipakai gitu aja. Barang yang udah terjual harus dikemas dulu baru dititip pakai jasa pengiriman. Normalnya barang bisa sampai ke rumah 1-2 hari kerja. Tapi bisa juga paling cepat 1 hari dengan pengiriman ekspres atau bisa molor sampai seminggu lebih karena jauhnya lokasi penjual atau paket kita yang nyelip entah kemana. Bahkan saking lamanya, kadang pembeli sampai lupa pernah beli barang itu (pengalaman pribadi -_-). Jadi yaa selama paket kamu belum sampai, gigit jari dulu aja deh ya.

3. Olshop tipu-tipu


Udah banyak kasus penipuan online shop. Biasanya penipuan ini terjadi pada jual beli gadget. Pembeli diiming-imingi sama harga yang murah dan kualitas yang (katanya) bagus. Contohnya iphone 6s dijual sejutaan. Mustahil banget kan? Tapi herannya ada aja yang ketipu loh ckck. Selain gadget, olshop tipu-tipu juga ada buat jual barang lainnya. Intinya kita harus pinter-pinter pilih olshop yang terpercaya dengan cara liat review atau testimoni dari customer yang pernah belanja di sana. Kalau saya pribadi, untuk belanja online barang mahal kayak gadget, saya pilih olshop yang bisa COD. Jadi saya baru bayar ketika barang udah sampai di rumah. Cerdik bukan? Hoho

Pengalaman pribadi saya nih ya, misal dari 3 baju yang saya beli entah kenapa pada akhirnya ketika paket udah sampai dan saya liat, cuma 1 baju yang srek di hati. Sisanya disimpan dulu bertahun-tahun sampai ada mood nya buat pakai baju itu. Kenapa gitu? Karena seringkali saya belanja cuma lapar mata. Apalagi kalau banyak diskonan kayak sekarang. Bawaannya pengen beli ini beli itu. Padahal bukan itu yang bener-bener saya butuhin. Ampun deh cewek. Jangan ditiru ya kelakuan saya ini -__-

Itu dia balada belanja online yang sebenernya merupakan pengalaman pribadi sang penulis huhuhu. Ada yang punya pengalaman buruk saat belanja online? Yuk cerita di postingan ini!!

Sumber gambar:
google.com
pinterest

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template