Minggu, 28 Agustus 2016

We Achieve It Because We Deserve It (Unek-unek)

Assalamu'alaikum.

Kali ini saya mau cerita sekaligus ngeluarin apa yang jadi unek-unek selama ini hehe jangan bosen bacanya ya 😅

Jadi gini, alhamdulillah Allah kasih kesempatan saya dan beberapa orang lainnya buat meraih gelar sarjana tepat waktu. Ya, bisa dibilang dari satu kelas yang isinya berjumlah 45-46 orang cuma setengahnya yang bisa lulus di tahun 2016. Nah, karenanya timbullah kesenjangan diantara kita yang udah dan masih on progress. Ada aja komen-komenan baper kayak "iya tau deh yang udah tinggal nunggu wisuda", " yang udah lulus mah bedaaa", "gue mah apa atuh", dan masih banyak nyinyiran lainnya.

Denger kayak gitu bikin saya geregetan pengen bilang, "ya iyalah beda!" dan justru semakin pengen nyombongin diri. Maksudnya gini loh, saya tahu perjalanan anak-anak yang lulus tahun ini. Gak gampang, ada aja masalahnya. Semua orang punya masalah masing-masing, cara buat menghadapinya itu yang bikin kita beda. Kalian (yang masih on progress) mungkin menjadikan masalah itu sebagai alasan penghambat kelancaran kalian dalam ngerjain skripsi, tapi kita tetep struggle ngerjain walaupun diterjang masalah ini itu.

Malah ada temen saya pernah bilang gini, "kok temen-temen gue kayaknya hidupnya lancar-lancar aja ya. Mereka udah lulus terus ngelamar, dan diterima. Beda sama gue, kayaknya mereka jalannya lurus-lurus aja" Hmm...

Asal kalian tahu, banyak yang udah saya alamin dari awal nentuin judul skripsi sampai bisa yudisium dan sekarang nunggu wisuda. Kontra sama pembimbing sampai temen saya ngedelete saya dari kontak bbm (pfft), sps saya yang molor karena dospem sibuk padahal udah kelar dari kapan tau, sampai saya udah wanti-wanti ke mama saya kalau nantinya harus ambil satu semester lagi. Terus big problemnya adalah ketika keluarga saya harus bermasalah di tahun ini, di umur saya yang 20, bertepatan sama rentannya psikologis karena ngerjain skripsi. Pernah satu waktu saya berangkat ke kampus naik transjakarta dan nangis gara-gara itu. Saya bisa aja jadiin masalah keluarga saya sebagai alasan nunda-nunda ngerjain skripsi, tapi sebaliknya saya justru jadiin itu motivasi supaya secepatnya lulus kuliah.

Masih banyak lagi perjuangan saya, mau disebutin? Oke. Pas bulan puasa, ketika kampus mulai sepi mahasiswa, saya rutin dateng ke kampus berangkat pagi pulang malem ngerjain produk lalu validasi. Saya masih inget siapa-siapa aja mahasiswa yang masih jadi penghuni kampus disaat yang lain mungkin udah nyiapin buat lebaran. Ngejar dosen sampai duduk di lantai dan ketiduran, dimarahin, produknya dicorat coret (produk skripsi saya bikin buku), udah jadi hal yang biasa. Capek? Udah gak kepikiran lagi. Itu baru dari berapa aspek, dari materil? Uang? Gak usah ditanya. Udah banyak banget yang dikeluarin buat skripsi. Itu mah pasti, gak perlu dibahas.

Itu baru dari pengalaman saya, kalau dari temen-temen saya yang lain? Masalah sama pembimbing perfeksionis yang nemu aja kesalahan, produk yang gak kelar-kelar, bahkan masalah sama temen sendiri. Entah udah kayak gimana stresnya kita. Tapi kalian gak tahu. Karena kalian liatnya di sosmed dimana kita cuma posting hal yang pengen kita kasih liat, yang seneng-seneng aja.

Sekali lagi saya tekankan, kita semua punya masalah tapi cara menghadapinya yang beda. Dan sekarang kita udah lulus karena kita emang pantas. We can get this because we deserve it. Mungkin keberuntungan juga jadi salah satu faktor kesuksesan kita, tapi tetep yang paling utama adalah kerja keras. Kerja keras yang dilakuin selama ini udah berhasil ngebawa kita sampai garis finish. Jadi jangan baper, justru jadiin sebagai cambukan supaya kalian bisa cepet kelar dan nyusul kita. Fighting!!

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template