Sabtu, 10 Desember 2011

7 Macam Es Khas Indonesia

mau share aja biar ngiler, hehe ini ada 7 macam es khas Indonesia yang gak bisa ditemuin dinegara lain (pastinya), hehe sebenernya Indonesia kaya akan minuman dingin gitu, tapi yang gue tau, yang gue suka, yang jarang dibahas, ya ini dia, hehehe langsung aja cekidot..

1. Es Pisang Ijo


awalnya gue tau es pisang ijo ini, sejak ada abang-abang yang jualan didepan sekolah gue.. haha isinya tuh es, mutiara, terus pake pisang yang dilapisin sama ijo-ijo yang terbuat dari..... dari apa ya?? haha pokoknya gitu deh hahaha

2. Es Cendol / Dawet


ini juga mantep nih, gak ada orang Indonesia yang gak tau es cendol atau dawet ini, gerobaknya aja khas banget biasanya ada gambar tokoh wayang diujung-ujung gerobaknya, hahaha dawet atau cendolnya itu bikinnya pake.. apa gitu (gak tau sama sekali) terus warnanya dari daun suji (iya bukan?) biar warnanya ijo gitu, terus pake santan sama gula merah deh penyajiannya, iya kan ??? ;p

3. Es Gogo atau Es Kado


jangan liat orangnya plis -____- itu gue cuma nemu dari google, yang gue minta kalian untuk perhatiin adalah es yang lagi mereka makan, inget ES YANG MEREKA MAKAN.. just look at the ice, please!!


sekarang fokus ke gerobaknya, disana ada tulisan ES KADO Rp. 500 nah, intinya es yang ada di gambar tadi itu namanya gak lain gak bukan adalah es kado, hahahaha belibet banget yah?? nyari es kado atau es gogo ini emang udah langka, makanya nyari gambarnya di google aja juga susah..hm
es ini dinamain es kado karena es ini sebelum disajikan itu dibungkus pake kertas kado, nah baru deh kalo ada yang beli, es ini dipotong sesuai ukuran dan dibuka bungkus kadonya.. es ini juga disajikan pake tusukan gitu, hehe kayak Magnum kalangan rakyat melata lah, loh?

beginilah wujud es gogo/es kado
4. Es Podeng

es ini termasuk daftar es yang gue suka, gue juga pertama nyobain ini karena ada yang jualan didepan sekolah gue, harganya 3000 rupiah buat gelas ukuran kecil dan 5000 rupiah buat ukuran besar.. isinya ada kacang, meses, mutiara, roti, es, terus kasih susu.. terus apa lagi ya? tuhkan gue lupa lagi, hahaha pokoknya enak deh, kalo kata salah satu presenter acara kuliner, hauce cingcingping deh.. hahahaha

5. Es Lilin


ini juga unik, nama lainnya Es Goyang deh setau gue, jadi tuh digerobaknya ada cetakan kotak-kotak yang isinya es itu, terus nanti sebelum disajiin, es nya dicelup dulu ke lelehan coklat, mmmm jadi pengen.. tapi ini juga udah jarang gue temuin, kalo masih ada yang sering nemu abang jualan es ini, bisa kasih tau gue, hehehe

6. Es Selendang Mayang


pertama kali gue tau es selendang mayang, waktu ada abang jualan ini yang lewat depan rumah gue, terus dulu sempet nyobain dan gue lupa rasanya kayak gimana, kalo gak salah yang beda dari es ini adalah isinya tuh pake kue lapis yang lembut yang bikinnya pake tepung beras ya? apa tepung ketan gitu? lagi-lagi gak berpengetahuan :'(

7. Es Doger


last, Es Doger.. isinya itu mutiara, ketan item, dan lain-lain, hhahaahha dan juga es pastinya, hahahaha es ini favorit gue juga, dan alhamdulillah masih gampang ditemuin, harganya juga murah kok, seribu serauk, tapi sama abangnya ngasihnya dilempar,  hahahahhaa

oke segitu dulu, semoga postingan ini bermanfaat, bye :* :D

0 comments:

Posting Komentar

 

syifa's Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template